Pengertian pendidikan seumur hidup:
Pendidikan seumur hidupadalah sebuah system konsep-konsep pendidikan
yang menerangkankeseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar
mengajar yangberlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia. proses
pendidikanseumur hidup berlangsung secara kontinue, dan tidak terbatas
oleh waktuseperti pendidikan formal, proses belajar seumur hidup tidak
hanyadilakukan seorang yang terpelajar tetapi semua lapisan masyarakat
bisamelaksanakanya.
Aplikasi pendidikan seumur hidup:
Penerapan azas pendidikan seumur hidup pada isi program pendidikan
dan sasaran pendidikan di masyarakat mengandung kemungkinan yang luas.
Implikasi pendidika seumur hidup pada program pendidikan dapat
dikelompokkanmenjadi beberapa kategori yaitu:
@ Pendidika baca tulis fungsional
Programini tidak saja penting bagi pendidikan seumur hidup
dikarenakanrelefansinya yang ada pada Negara-negara berkembang dengan
sebab masihbanyaknya penduduk yang buta huruf, mereka lebih senang
menonton TV,mendengarkan Radio, Mengakses internet dari pada membaca.
Meskipuncukup sulit untuk membuktikan peranan melek huruf fungsional
terhadappembangunan sosial ekonomi masyarakat, namun pengaruh IPTEK
terhadapkehidupan masyarakat misalnya petani, justru disebabkan oleh
karenapengetahuan-pengetahuan baru pada mereka. Pengetahuan baru ini
dapatdiperoleh melalui bahan bacaan utamanya.
Oleh sebab itu, realisasi baca tulis fungsional, minimal memuat dua hal, yaitu:
- Memberikan kecakapan membaca, menulis, menghitung (3M) yang fungsional bagi anak didik.
- Menyediakan bahan-bahan bacaan yang diperlukan untuk mengembangkan lebih lanjut kecakapan yang telah dimilikinya.
@@ Pendidikan vokasional.
Pendidikanvokasional adalah sebagai program pendidikan diluar sekolah
bagi anakdiluar batas usia sekolah, ataupun sebagai pendidikan formal
dan nonformal, sebab itu program pendidikan yang bersifat remedial agar
paralulusan sekolah tersebut menjadi tenaga yang produktif menjadi
sangatpenting. Namun yang lebih penting ialah bahwa pendidikan
vokasional initidak boleh dipandang sekali jadi lantas selesai.dengan
terusberkembang dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi serta
makinmeluasnya industrialisasi, menuntut pendidikan vokasiaonal itu
tetapdilaksanakn secara kontinue.
@@@ Pendidikan professional.
Sebagairealisasi pendidikan seumur hidup,dalam kiat-kiat profesi
telahtercipta Built in Mechanism yang memungkinkan golongan
profesionalterus mengikuti berbagai kemajuan dan perubahan menyangkut
metodologi,perlengkapan, terminologi dan sikap profesionalnya. Sebab
bagaimanapunapa yang berlaku bagi pekerja dan buruh, berlaku pula
bagiprofessional, bahkan tantangan buat mereka lebih besar.
@@@@ Pendidikan ke arah perubahan dan pembangunan.
Diakuibahwa diera globalisasi dan informasi yang ditandai dengan
pesatnyaperkembangan IPTEK, telah mempengaruhi berbagai dimensi
kehidupanmasyarakat, dengan cara masak yang serba menggunakan mekanik,
sampaidengan cara menerobos angkasa luar. Kenyataan ini tentu
sajakonsekuensinya menurut pendidikan yang berlangsung secara
kontinue(lifelong education).
Pendidikanbagi anggota masyarakat dari berbagai golongan usia agar
mereka mampumengikuti perubahan sosial dan pembangunan juga merupakan
konsekuensipenting dari azas pendidikan seumur hidup.
@@@@@ Pendidikan kewarganegaraan dan kedewasaan politik.
Disampingtuntutan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),
dalamkondisi sekarang dimana pola pikir masyarakat. Yang semakin maju
dankritis, baik rakyat biasa, maupun pemimpin pemerintahan di Negara
yangdemokratis, diperlukan pendidikan kewarganegaraan dan
kedewasaanpolitik bagi setiap warga Negara. Pendidikan seumur hidup yang
bersifatkontinue dalam koteks ini merupakan konsekuensinya.
Penerapan cara berfikir menurut azas pendidikan seumur hidup itu akan
mengubahpandangan kita tentang status dan fungsi sekolah, dimana tugas
utamapendidikan sekolah adalah mengajar anak didik bagaimana
caranyabelajar, peranan guru terutama adalah sebagai motifator,
stimulator danpenunjuk jalan anak didik dalm hal belajar, sekolah adalah
pusatkegiatan belajar masyarakat sekitar. Sehingga dalam rangka
pandanganmengenai pandidikan seumur hidup, maka semua orang secara
potensialmerupakan anak didik.
Para pembaca yang budiman: pada dasarnya dari kita lahir sampai kita
meninggalkan dunia ini, pendidikan sudah kita dapatkan. Tinggal
bagaimana kita membina pendidikan itu. Pendidikan dapat kita dapatkan
dimana dan kapanpun. ilmu yang sedikit lalu kita sebarkan itu akan lebih
bermanfaat daripada ilmu yang banyak tapi disembunyikan….Right…???
lah , ini pelajaran pp ya ? hahaha
BalasHapusiya, hahahaha :D
BalasHapusbagus ,,
BalasHapusTHANK YOU ;)
BalasHapus