welcome

assalamualaikum wr, wb

saya sangat berharap semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua yanng membuka dan membacanya .. amiiiiin
salam dari pemilik blog , hahaha :)

Kamis, 10 November 2011

pendidikan seumur hidup

Pengertian pendidikan seumur hidup:
Pendidikan seumur hidupadalah sebuah system konsep-konsep pendidikan yang menerangkankeseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar mengajar yangberlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia. proses pendidikanseumur hidup berlangsung secara kontinue, dan tidak terbatas oleh waktuseperti pendidikan formal, proses belajar seumur hidup tidak hanyadilakukan seorang yang terpelajar tetapi semua lapisan masyarakat bisamelaksanakanya.
Aplikasi pendidikan seumur hidup:
Penerapan azas pendidikan seumur hidup pada isi program pendidikan dan sasaran pendidikan di masyarakat mengandung kemungkinan yang luas. Implikasi pendidika seumur hidup pada program pendidikan dapat dikelompokkanmenjadi beberapa kategori yaitu:
@ Pendidika baca tulis fungsional
Programini tidak saja penting bagi pendidikan seumur hidup dikarenakanrelefansinya yang ada pada Negara-negara berkembang dengan sebab masihbanyaknya penduduk yang buta huruf, mereka lebih senang menonton TV,mendengarkan Radio, Mengakses internet dari pada membaca. Meskipuncukup sulit untuk membuktikan peranan melek huruf fungsional terhadappembangunan sosial ekonomi masyarakat, namun pengaruh IPTEK terhadapkehidupan masyarakat misalnya petani, justru disebabkan oleh karenapengetahuan-pengetahuan baru pada mereka. Pengetahuan baru ini dapatdiperoleh melalui bahan bacaan utamanya.
Oleh sebab itu, realisasi baca tulis fungsional, minimal memuat dua hal, yaitu:
  1. Memberikan kecakapan membaca, menulis, menghitung (3M) yang fungsional bagi anak didik.
  2. Menyediakan bahan-bahan bacaan yang diperlukan untuk mengembangkan lebih lanjut kecakapan yang telah dimilikinya.
@@ Pendidikan vokasional.
Pendidikanvokasional adalah sebagai program pendidikan diluar sekolah bagi anakdiluar batas usia sekolah, ataupun sebagai pendidikan formal dan nonformal, sebab itu program pendidikan yang bersifat remedial agar paralulusan sekolah tersebut menjadi tenaga yang produktif menjadi sangatpenting. Namun yang lebih penting ialah bahwa pendidikan vokasional initidak boleh dipandang sekali jadi lantas selesai.dengan terusberkembang dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi serta makinmeluasnya industrialisasi, menuntut pendidikan vokasiaonal itu tetapdilaksanakn secara kontinue.
@@@ Pendidikan professional.
Sebagairealisasi pendidikan seumur hidup,dalam kiat-kiat profesi telahtercipta Built in Mechanism yang memungkinkan golongan profesionalterus mengikuti berbagai kemajuan dan perubahan menyangkut metodologi,perlengkapan, terminologi dan sikap profesionalnya. Sebab bagaimanapunapa yang berlaku bagi pekerja dan buruh, berlaku pula bagiprofessional, bahkan tantangan buat mereka lebih besar.
@@@@ Pendidikan ke arah perubahan dan pembangunan.
Diakuibahwa diera globalisasi dan informasi yang ditandai dengan pesatnyaperkembangan IPTEK, telah mempengaruhi berbagai dimensi kehidupanmasyarakat, dengan cara masak yang serba menggunakan mekanik, sampaidengan cara menerobos angkasa luar. Kenyataan ini tentu sajakonsekuensinya menurut pendidikan yang berlangsung secara kontinue(lifelong education).
Pendidikanbagi anggota masyarakat dari berbagai golongan usia agar mereka mampumengikuti perubahan sosial dan pembangunan juga merupakan konsekuensipenting dari azas pendidikan seumur hidup.
@@@@@ Pendidikan kewarganegaraan dan kedewasaan politik.
Disampingtuntutan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dalamkondisi sekarang dimana pola pikir masyarakat. Yang semakin maju dankritis, baik rakyat biasa, maupun pemimpin pemerintahan di Negara yangdemokratis, diperlukan pendidikan kewarganegaraan dan kedewasaanpolitik bagi setiap warga Negara. Pendidikan seumur hidup yang bersifatkontinue dalam koteks ini merupakan konsekuensinya.
Penerapan cara berfikir menurut azas pendidikan seumur hidup itu akan mengubahpandangan kita tentang status dan fungsi sekolah, dimana tugas utamapendidikan sekolah adalah mengajar anak didik bagaimana caranyabelajar, peranan guru terutama adalah sebagai motifator, stimulator danpenunjuk jalan anak didik dalm hal belajar, sekolah adalah pusatkegiatan belajar masyarakat sekitar. Sehingga dalam rangka pandanganmengenai pandidikan seumur hidup, maka semua orang secara potensialmerupakan anak didik.
Para pembaca yang budiman: pada dasarnya dari kita lahir sampai kita meninggalkan dunia ini, pendidikan sudah kita dapatkan. Tinggal bagaimana kita membina pendidikan itu. Pendidikan dapat kita dapatkan dimana dan kapanpun. ilmu yang sedikit lalu kita sebarkan itu akan lebih bermanfaat daripada ilmu yang banyak tapi disembunyikan….Right…???

4 komentar: